Sunday 13th of June 2021 05:27:47 AM
Cover Berita

Faperta UPR Adakan Workshop Tenaga Kependidikan Di Laboratorium

Faperta UPR Adakan Workshop Tenaga Kependidikan Di Laboratorium

Dalam rangka peningkatan kualitas dan pemantapan tenaga kependidikan di laboratorium Universitas Palangka Raya (UPR) 2020, melalui Rancangan Kegiatan dibawah Fakultas Pertanian UPR mengadakan Webinar Workshop yang bertema “Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Tenaga Laboratorium Berdasarkan Permen PAN RB No.07 Tahun 2019 Dalam Rangka Pengembangan Pengelolaan Laboratorium di Universitas Palangka Raya (UPR)”.  Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman mengapa diperlukannya adanya Jabatan Fungsional dalam Pengelolaan Laboratorium di Perguruan Tinggi, memberikan informasi unsur-unsur  apa saja yang merupakan kegiatan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dalam Pengelolaan Laboratorium  di Perguruan Tinggi, selain meningkatkan kapasitas dan kompetensi pengelola laboratorium melalui PLP dalam rangka pengembangan pengelolaan laboratorium di Universitas Palangka Raya.

Kegiatan tersebut disuport sepenuhnya dari dana Universitas Palangka Raya melalui dana anggaran yang dibawah Fakultas Pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai Motor Penggerak Bagi Pranata Laboratorium Pendidikan di Universitas Palangka Raya. Wakil Rektor Bidang Hukum, Organisasi, SDM dan Kemahasiswaan Universitas Palangka Raya Prof. Dr. Suandi Sidauruk, M.Pd. menyambut baik terhadap kegiatan ini, beliau berharap kedepan PLP dapat berkembang sesuai Kompetensinya dan mendukung pengembangan Laboratorium yang ada di Universitas Palangka Raya.

Sebelumnya Wakil Dekan Akademik Fakultas Pertanian Dr. Ir. Nyahu Rumbang, MP. yang mewakili Dekan Fakultas Pertanian UPR memberikan penjelasan bahwa dengan adanya PLP pada laboratorium sangat membantu dalam pengelolaan Laboratorium baik mendukung dalam kegiatan Penelitian Dosen, Mahasiswa serta yang utama adalah kegiatan Praktek Mata Kuliah.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Hari Selasa, 27 Oktober 2020 dari Pukul 08.00 – 12.30 WIB dan diikuti oleh seluruh PLP dan Teknisi Laboratorium di Lingkungan Universitas Palangka Raya, Kepala Laboratorium Eksak serta Tenaga Pendidik sebagai pengguna sarana Laboratorium.

Sebagai Narasumber kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ir. Suhardjono, M.Pd., Dipl.HE, Tim PAK Pranata Laboratorium Pendidikan Kemendikbud RI dan Guru Besar di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya serta Sofyan, S.Si., M.Si, Manajer Mutu Laboratorium Ilmu Teknologi Pakan (Terakreditasi ISO/IEC 17025) Fakultas Peternakan IPB University dan Ketua Umum PPLPI, Kegiatan ini dilaksanakan secara Daring yang didukung sepenuhnya oleh Biro Administrasi, Umum dan Keuangan Universitas Palangka Raya.